24 October 2014

Poffertjes, Cita Rasa Tempo Doeloe

Hollandse Poffertjes, Sumber foto dari Google
Jika melintasi jalur puncak, apalagi jika sedang terjebak macet jangan lupa untuk mampir ke restoran yang satu ini. Puncak Pass Ressort Molinari Restoran, letaknya di sebelah kiri jalan ±4km dari Mesjid Atta’Awun Puncak ke arah Cianjur. Resortnya sendiri dibangun tahun 1928 dan sempat direnovasi  dan diperluas tahun 1975, zaman dahulu kala tempat ini jadi tempat berlibur warga belanda yang tinggal di Batavia (Jakarta). Jadi makanan yang disajikan di restoran “Molinari Caffe” juga masih mempertahankan unsur-unsur zaman kolonial. Saya dan keluarga biasanya ngemil menu andalan di sini, Hollandse Poffertjes. Makanan tradisional para Londo berbentuk bola-bola lucu seperti takoyaki yang lembut dan gurih berpadu rasa manis dari taburan icing sugar di atasnya. Bagi kami, rasa Poffertjes ala Puncak Pass Resto belum ada duanya. Apalagi disantap selagi hangat di saat udara dingin. Yummy... 


Porsi poffestjes yang disajikan di Puncak Pass Resto ini bentuknya lumayan besar-besar nyaris sekepalan tangan orang dewasa. Makan satu sudah bikin kenyang tapi tetap membuat lidah ketagihan.  Interior serba kayu, bangku-bangku lawas yang menjadi ciri khas Puncak Pass Resto, nuansa alami dari pemandangan hamparan hijau hutan pinus sejauh mata memandang menyatu dengan kicauan burung membuat kami makin enggan beranjak dan selalu ingin kembali lagi ke sini.

Tampak depan Molinari Cafe, Puncak Pass Resort


Alamat Molinari Caffe Puncak Pass Resort

Jl. Raya Punyak Km 90 Sindanglaya Cianjur

Jawa Barat 43253 – Indonesia

0263 - 512503
Pernah suatu ketika saya pingin sekali ngemil si bola ini, tapi belum tahu dimana restoran yang menjual poffertjes enak di sekitaran Jakarta tanpa harus mendaki ke puncak gunung di Cisarua (lebay). Pada internetlah akhinya daku kembali. Browsing dan petakilan ngubek-ubek blog tetangga mencari informasi tentang warung atawa resto yang menjual poffertjes maknyus di bilangan Jakarta. Ketemulah review tentang DIJANS'S Resto di daerah Kemang. Karena lokasi yang paling dekat dengan rumah juga review harga yang menurut kami terjangkau, saya dan keluarga segera capcuss kesana dengan semangat 45.

Setelah lumayan lama muter-muter plus bertanya beberapa kali akhirnya kami berhasil tiba di resto yang dicari. Dari arah Blok M, Jalan Kemang Raya belok kiri di Jalan Kemang Selatan, lokasinya di sebelah kiri jalan. Dari depan tak tampak seperti sebuah restoran karena bangunan aslinya merupakan sebuah rumah tua peninggalan belanda. Homy but lumayan spooky menurut kami. Ada bagian kithcen yang terbuka dan Interior ala kolonial yang jadoel klasik. Kesan klasik dari rumah peninggalan jaman Belanda masih tetap dipertahankan bahkan lantainya pun reminds me of my grandma’s old house..

Setelah melihat menu yang ditawarkan, saya dan suami lumayan shock melihat harganya, kok beda banget dengan review yang kami baca. Sebagian besar harganya menjadi 2-3 kali lipat dari yang kami baca di blog blusukan. Mungkin karena lokasinya di kawasan elit para ekspat. Heg... tapi sudah terlanjur duduk manis dan terlanjur kelaperan akhirnya kami memesan 1 porsi besar poffertjes, 1 banana split dan satu botol kecil air mineral. Secara, mihilll bo'... mueheheh..

Saat poffertjes disajikan ternyata bentuknya tak seperti poffertjes di puncak pass yang bentuknya bulat besar, di DIJAN'S bentuknya lebih irit alias pipih. Tapi setelah dicoba, rasanya sebanding dengan harganya walaupun menurut kami Poffertjes Puncak Pass tetap lebih enak. Satu porsi besar poffertjes lumayan membuat kami berlima ( Abi, Ummi, dan Trio Krucils) kenyang. Banana Split-nya pun segar dan creamy. So far, rasanya tak mengecewakan. 


Bila ingin mengunjungi restoran yang satu ini, jangan lupa menyiapkan kocek yang lumayan karena harganya yang menurut kami tergolong fantastis, hehe. Satu porsi large poffertjes dibanderol harga Rp. 60.000,- Banana Spits Rp. 60.000,- dan  sebotol kecil air mineral  Rp. 20.000,- belum termasuk pajak restoran 10% dan service charge 8%. Sementara di Puncak Pass satu porsi Poffertjes hanya dibanderol sekitar 30 ribuan.

Alamat Dijan's Resto :
Jl. Kemang Selatan No. 102A Jakarta Selatan, telp :02171793538

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...