24 November 2013

Hidup seperti air mengalir, oh ya ???

Kita pasti sering mendengar orang berkata "biarkan hidup menuntunku seperti air mengalir". Bagiku, kalimat tersebut begitu menggelitik dan terdengar lucu. Bukankah hanya ikan mati yang merelakan dirinya terbawa arus aliran sungai ? 

Atau sepotong ranting rapuh yang terjatuh di sungai kemudian arus membawanya mengikuti aliran sungai. Tidak tahu kemana arus air akan membawanya nanti. Apakah menuju ke lautan lepas yang akhirnya membuat sang ranting seperti buih di lautan yag terombang ambing dibawa ombak, makin tidak jelaslah nasibnya.

Atau bernasib naas saat sang ranting terhempas jatuh oleh arus yang membawanya melalui air terjun dan mustahil membawanya kembali lagi ke puncak. Lebih mengenaskan ketika nasib membawa ranting pasrah itu menuju selokan kotor yang menjijikkan.  Seekor Ikan yang HIDUP pasti akan berjuang melawan derasnya arus agar tidak ikut terjatuh di air terjun, ia berenang kesana kemari untuk memperoleh makanan dan menuju tempatnya meneruskan kehidupan.

Ikan salmon saat berenang melawan arus
Jika kita memperhatikan kehidupan hewan-hewan di sekitar kita, tentunya kita akan mendapati banyak hikmah bertebaran. Para hewan ini biasanya akan pergi keluar sarangnya pada pagi hari dan kembali lagi pada petang hari, dan tidak kelaparan sepanjang hari karena mereka mau menggerakkan dirinya keluar sarang dan "memunguti" rizki yang Allah taburkan di bumi yang luas ini.

Hidup adalah perjuangan. Karena pada hakikatnya setiap orang pasti memiliki tujuan hidup. Dan tujuan hidup itulah yang menuntut kita untuk terus berjuang. Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk percaya bahwa Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika bukan orang tersebut yang berusaha merubah nasibnya sendiri. Dan perjuangan itu baru berhenti ketika nyawa dijemput Sang malaikat maut.
 

Satu poin terpenting jika ingin berhasil, percayalah bahwa Tuhan menyiapkan hadiah bagi orang-orang yang mau melebihkan usahanya daripada berdiam diri dan menyerah pada nasib. Karena hanya orang putus asa dan tidak jelas tujuan hidupnya yang membiarkan dirinya terbawa arus kehidupan seperti air yang mengalir.

Jadi, bila ingin memperoleh apa yang kita inginkan, berdo'a sepenuh hati kepada Allah, kemudian bergeraklah !
Selanjutnya percayakan semua pada Allah sebagai penentu segala keputusan , Ganbatte !!
:)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...